STUDI EVALUASI EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (FPIPS) IKIP PGRI BALI TAHUN 2013

Rusitayanti, Ni Wayan Ary (2014) STUDI EVALUASI EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (FPIPS) IKIP PGRI BALI TAHUN 2013. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 5 (1). ISSN 2613-9561

[img]
Preview
Text
4-1403-1-SM.pdf

Download (59kB) | Preview
Official URL: https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/ju...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) Mahasiswa Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) IKIP PGRI Bali Tahun 2013 menggunakan model CIPP yaitu: dimensi context, input, process dan product serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Populasi penelitian ini adalah semua pelaksana dan peserta program praktik pengalaman lapangan (PPL) Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) IKIP PGRI Bali Tahun 2013. Subjek dalam penelitian ini adalah 69 orang yang terdiri dari 35 orang Mahasiswa, 10 orang Dosen Pembimbing, 11 orang Kepala Sekolah, 11 Guru Pamong, dan 2 orang dari UPT PPL. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai metode utama, dan observasi serta wawancara sebagai metode pelengkap. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan langkah sebagai berikut: menentukan katagori deskriptif, skor mentah ditransformasikan ke dalam T-skor kemudian diverifikasi ke dalam Kuadran Glickman. Hasil analisis menemukan bahwa efektivitas pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) IKIP PGRI Bali Tahun 2013 kategori efektif dilihat dari variabel context, input, process dan product dengan hasil (+ + + +). Meskipun dalam kategori siap, namun secara umum terdapat kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) IKIP PGRI Bali Tahun 2013 adalah pada variabel input. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa efektivitas pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) IKIP PGRI Bali Tahun 2013 tergolong dalam kategori efektif

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: studi evaluasi, praktik pengalaman lapangan (PPL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Ni Wayan Ary Rusitayanti
Date Deposited: 17 Feb 2022 23:44
Last Modified: 17 Feb 2022 23:44
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1607

Actions (login required)

View Item View Item