PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB PADA TEMA 5 EKOSISTEM SD NEGERI 5 PADANGSAMBIAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Agetania, Ni Luh Putu (2021) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB PADA TEMA 5 EKOSISTEM SD NEGERI 5 PADANGSAMBIAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Widyadari, 22 (1). ISSN 2613-9308

[img]
Preview
Text
12ARTIKEL Ni Luh Putu Agetania (1).pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Hasil yang diperoleh dalam penguasaan materi pelajaran pada semester I siswa Kelas VB SD Negeri 5 Padangsambian pada mata pelajaran IPA ternyata masih belum mencapai standar minimal seperti yang ditetapkan. Hasil belajar mereka baru mencapai rata-rata 62,71 yaitu di bawah KKM pada mata pelajaran IPA di sekolah ini yaitu 70. Daya serap siswa terhadap pelajaran IPA hanya 56% atau 19 orang dari 34 siswa tergolong berhasil mencapai ketuntasan belajar sesuai yang diharapkan sementara 85%. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas VB SD Negeri 5 Padangsambian setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dalam pembelajaran. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes hasil belajar IPA dalam bentuk pilihan ganda. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data pra siklus, data siklus I, data Siklus II dan siklus III. Dari data pra siklus diperoleh rata-rata kelas baru mencapai nilai 62,71 dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 56%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat KKM mata pelajaran IPA di sekolah ini adalah 70. Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 73,24 dan presentase ketuntasan belajar mencapai 76%. Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 80,00 dan persentase ketuntasan belajarnya sudah mencapai 82%. Pada siklus III diperoleh rata-rata 90,00 dengan persentase ketuntasan 97% Dengan perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VB semester I SD Negeri 5 Padangsambian tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Rees Jati Prakasa
Date Deposited: 24 Sep 2021 00:31
Last Modified: 24 Sep 2021 00:31
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1553

Actions (login required)

View Item View Item