MENINGKATKAN KINERJA GURU-GURU DALAM MEMBUAT EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN SECARA DARING MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN ILMIAH DENGAN SUPERVISI PENGAJARAN PADA SEMESTER II SMK NEGERI 2 TEGALLALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Swabudanta, I Wayan Oka (2021) MENINGKATKAN KINERJA GURU-GURU DALAM MEMBUAT EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN SECARA DARING MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN ILMIAH DENGAN SUPERVISI PENGAJARAN PADA SEMESTER II SMK NEGERI 2 TEGALLALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Widyadari, 22 (1). ISSN 2613-9308; 1907-3232

[img]
Preview
Text
10Artikel I WAYAN OKA SWABUDANTA,S.Pd.,M.Pd.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Tegallalang pada semester II tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan pelaksanaan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru-guru SMK Negeri 2 Tegallalang dalam melaksanakan evaluasi proses pembelajaran Menggunakan kombinasi antara pendekatan ilmiah dengan supervisi pengajaran. Metode pengumpulan datanya adalah observasi. Metode analisis datanya adalah deskriptif untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kombinasi antara pendekatan ilmiah dengan supervisi pengajaran dapat meningkatkan kompetensi Penelitian tindakan dalam bidang supervisi yang penulis gunakan adalah kombinasi antara pendekatan ilmiah dengan supervisi pengajaran. Teknik supervisi yang digunakan adalah kombinasi antara kombinasi antara pendekatan ilmiah dengan supervisi pengajaran, pertemuan dan pendapat siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan tipe isian. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan melalui 2 siklus. Siklus I dengan kombinasi antara pendekatan ilmiah dengan supervisi pengajaran. Siklus ke II kombinasi antara pendekatan ilmiah dengan supervisi pengajaran. Keberhasilan yang dicapai adalah meningkatnya kemampuan guru-guru dari awalnya rata-rata hanya mencapai 73,6, pada siklus I telah meningkat menjadi 80,00 dan pada siklus ke II meningkat menjadi 92,7. Inovasi lain yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menghitung signifikansi keberhasilan dengan teknik uji signifikansi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Rees Jati Prakasa
Date Deposited: 24 Sep 2021 00:27
Last Modified: 24 Sep 2021 00:27
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1551

Actions (login required)

View Item View Item