MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMK NEGERI 2 SUKAWATI

Sujati, Ni Wayan Adi (2021) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMK NEGERI 2 SUKAWATI. Widyadari, 22 (1). ISSN 2613-9308; 1907-3232

[img]
Preview
Text
7ARTIKEL ADI SUJATI.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian tindakan yang dilakukan pada Peserta didik kelas XII Akomodasi Perhotelan 4 SMK Negeri 2 Sukawati pada semester Genap tahun pelajaran 2018/2019 adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Team Assissted Individualization (TAI) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 41 orang (empat puluh satu) subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tes prestasi belajar sebagai alat ukur yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sebagai gambaran yang menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar matematika setelah mengikuti proses pembelajaran, dari rata-rata awal 67 meningkat menjadi 74,17 pada siklus I dan meningkat menjadi 81,02 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 12,20% pada siklus I meningkat menjadi 56,10% dan pada siklus II meningkat menjadi 93%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian tindakan tersebut adalah penerapan model pembelajaran Team Assissted Individualization (TAI) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika Peserta didik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Rees Jati Prakasa
Date Deposited: 24 Sep 2021 00:22
Last Modified: 24 Sep 2021 00:22
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1548

Actions (login required)

View Item View Item