MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI MELALUI METODE KERJA KELOMPOK DENGAN STRATEGI SNOWBALL THROWING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI T3 SMK NEGERI 3 SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Budawati, Ni Wayan (2021) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI MELALUI METODE KERJA KELOMPOK DENGAN STRATEGI SNOWBALL THROWING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI T3 SMK NEGERI 3 SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 22 (1). pp. 55-65. ISSN 2613-9308; 1907-3232

[img]
Preview
Text
5BUDAWATI-ARTIKEL SMKN3 SKWT.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Belum optimalnya prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Peserta didik Kelas XI T3 Semester Genap SMK Negeri 3 Sukawati Tahun Pelajaran 2018/2019 dilihat dari observasi awal yang menggambarkan bahwa pembelajaran yang dilakukan belum berjalan secara maksimal. Untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik perlu memilih metode dan strategi yang tepat yang salah satunya adalah metode kerja kelompok dengan strategi strategi snowball throwing. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes prestasi belajar dengan jumlah peserta didik 21 orang yang kemudian dilakukan analisis secara deskriptif. Gambaran hasil penelitian berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran peserta didik kurang aktif, mudah jenuh, dan perhatian peserta didik pada penjelasan guru sangat kurang sehingga nilai rata-rata peserta didik hanya sebesar 63 dengan ketuntasan belajar 22%. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 67 dengan ketuntasan belajar 69%. Pada siklus II hasil tindakan menujukan penguasan materi setelah diberikan tes prestasi belajar peserta didik meningkat menjadi rata-rata 78 dengan ketuntasan belajar 94%. Ketuntasan belajar dengan perhitungan presentase pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini dan siklus dinyatakan tidak dilanjutkan. Kesimpulan bahwa melalui penerapan metode kerja kelompok dengan strategi snowball throwing telah dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Hindu peserta didik .

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Rees Jati Prakasa
Date Deposited: 24 Sep 2021 00:18
Last Modified: 24 Sep 2021 00:18
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1546

Actions (login required)

View Item View Item