PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI DARING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA 4 SEMESTER II SMA NEGERI 1 SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Jepun, Ni Wayan (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI DARING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA 4 SEMESTER II SMA NEGERI 1 SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Widyadari, 22 (1). pp. 41-54. ISSN 2613-9308; 1907-3232

[img]
Preview
Text
4Artikel Dra. NI WAYAN JEPUN.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sukawati di kelas X MIPA 4 yang kemampuan siswanya untuk pelajaran Biologi cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas X MIPA 4 ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 59,28, pada siklus I mencapai nilai rata- rata 64,85 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 78,28. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Sukawati.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Rees Jati Prakasa
Date Deposited: 24 Sep 2021 00:16
Last Modified: 24 Sep 2021 00:16
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1545

Actions (login required)

View Item View Item