Jepun, Ni Wayan (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI DARING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA 4 SEMESTER II SMA NEGERI 1 SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Widyadari, 22 (1). pp. 41-54. ISSN 2613-9308; 1907-3232
|
Text
4Artikel Dra. NI WAYAN JEPUN.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sukawati di kelas X MIPA 4 yang kemampuan siswanya untuk pelajaran Biologi cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas X MIPA 4 ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 59,28, pada siklus I mencapai nilai rata- rata 64,85 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 78,28. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Sukawati.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | Rees Jati Prakasa |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 00:16 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 00:16 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1545 |
Actions (login required)
View Item |