Widiastawa, I Ketut (2021) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS XII TKJ2 SEMESTER I SMK NEGERI 1 BANGLI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Widyadari, 22 (1). pp. 27-40. ISSN 2613-9308; 1907-3232
|
Text
3artikel I Kt Widiastawa SMK N 1 Bangli (1).pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bangli di kelas XII TKJ2 yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XII TKJ2 SMK Negeri 1 Bangli pada semester I tahun pelajaran 2019/2020 melalui penerapan model pembelajaran Open Ended Learning dengan media audio visual. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Dengan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran yang diterapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya hanya mencapai rata-rata 63,33 dan ketuntasan belajar 21,21%, pada siklus I meningkat menjadi 73,48 dengan ketuntasan belajar 63,63% dan pada Siklus II meningkat menjadi 82,72 dengan ketuntasan belajar mencapai 93,93%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Open Ended Learning dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XII TKJ2 SMK Negeri 1 Bangli pada semester I tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | Rees Jati Prakasa |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 00:14 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 00:14 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1544 |
Actions (login required)
View Item |