Arka, I Ketut (2021) MENGGUNAKAN SUPERVISI KLINIK DAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN SECARA DARING UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PARA GURU SMK NEGERI 1 SUKAWATI DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN BERKUALITAS PADA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Widyadari, 22 (1). pp. 1-14. ISSN 2613-9308; 1907-3232
|
Text
1Artikel PTS I KETUT ARKA,S.Pd.,M.Pd (2).pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sukawati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah supervisi klinik dapat membantu meningkatkan kemampuan guru-guru SMK Negeri 1 Sukawati melaksanakan proses pembelajaran. Langkah-langkah supervisi klinik yang dilakukan adalah memberi bimbingan, melakukan tanya jawab, memberi kesempatan diskusi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif data kuantitatif. Untuk pengecekan validitas internal data digunakan masukan dari para informan, untuk pengecekan validitas external data digunakan landasan-landasan hukum yang ada, sedangkan untuk pengecekan reliabilitas digunakan ketepatan informan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah: guru-guru SMK Negeri 1 Sukawati yang nilai awalnya baru mencapai rata-rata 77,57 pada siklus I meningkat menjadi 85,28 dan pada siklus II meningkat menjadi 92,14. Simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa Supervisi Klinik dengan langkah-langkah seperti bimbingan, tanya jawab, diskusi, unjuk kerja, studi dokumen dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif di SMK Negeri 1 Sukawati Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | Rees Jati Prakasa |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 00:10 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 00:10 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1542 |
Actions (login required)
View Item |