PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK YANG DIBACA DENGAN METODE SYNERGETIC TEACHING PADA SISWA KELAS VIIA SEMESTER GENAP SMP NEGERI PETANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Antara, I Made PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK YANG DIBACA DENGAN METODE SYNERGETIC TEACHING PADA SISWA KELAS VIIA SEMESTER GENAP SMP NEGERI PETANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Working Paper. Universitas PGRI Mahadewa Indonesia.

[img]
Preview
Text
1JURNAL ANTARA,Sinergetic.. (1).pdf

Download (857kB) | Preview

Abstract

Hasil dari pengamatan awal yang dilakukan oleh Peneliti terhadap kemampuan siswa dalam mencapai hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi Menceritakan Kembali Cerita Anak Yang Dibaca, tentang aspek berbicara, masih dibawah KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 78 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam kegiatan Belajar dan Mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia belum mencerminkan suasana belajar yang dinamis. Pembelajaran berlangsung satu arah di mana guru yang memegang peranan dalam pembelajaran, sedangkan siswa nampak hanya mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru. Hal inilah yang menjadi perhatian Peneliti karena suasana belajar demikian kurang mampu menstimulus siswa untuk lebih aktif dalam belajar. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti berupaya melakukan perbaikan–perbaikan melalui menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode Synergetic Teaching untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pokok Menceritakan Kembali Cerita Anak Yang Dibaca. Dengan cara ini diyakini dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Petang . Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Petang melalui penerapan metode yang telah ditentukan yakni metode Synergetic Teaching . Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Petang pada kelas VII A tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Indikator keberhasilan penelitian ini adalah selama proses pembelajaran dan dilakukannya refleksi ternyata adanya peningkatan pencapaian. Hasil Penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata siswa 80,53, dengan daya serap 80,53%. Dari 38 orang siswa ,yang tuntas sebanyak 25 orang atau 65,79% dan yang belum tuntas 13 orang atau 34,21%, dengan nilai tertinggi adalah 100 dan terendan adalah 70. hasil pada siklus II terjadi Peningkatan dari siklus I. Nilai rata-rata pada siklus II adalah 93,16, semua siswa (38 orang ) tuntas atau ketuntasannya 100%, dengan daya seap sebesar 93,16%. Nilai tertinggi yang dicapai siswa adalah 100 dan terendah 80. Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan metoda Synergetic Teaching pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar mata poelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas VII. A SMP Negeri Petang secara signifikan.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Rees Jati Prakasa
Date Deposited: 26 Dec 2020 01:47
Last Modified: 26 Dec 2020 01:47
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1426

Actions (login required)

View Item View Item