MANFAAT METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 3 KAWAN BANGLI

Putra, I Dewa Gede (2020) MANFAAT METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 3 KAWAN BANGLI. Working Paper. Universitas PGRI Mahadewa Indonesia.

[img]
Preview
Text
11ARTIKEL-DW GD PUTRA-BANGLI(1).pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Kawan, Bangli Kelas VI Semester II yang kemampuan siswanya untuk tingkat prestasi belajar IPA siswa masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Metode Diskusi kelompok Kecil dapat meningkatkan prestasi hasil belajar IPA siswa SD Negeri 3 Kawan, Bangli di Kelas VI Semester II Tahun Ajaran 2017/2018 .Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar IPA siswa. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Metode Diskusi Kelompok Kecil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI semester II yang dibuktikan dari hasil yang sebelumnya diperoleh dengan rata-rata kelas 69 dan prosentase ketuntasan belajar adalah 21%, pada siklus I meningkat menjadi 79,6 dengan prosentase sebesar 73,6% dan pada siklus II meningkat kembali dengan rata-rata kelas 85,3 dengan prosentase sebesar 100%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan Metode Diskusi Kelompok Kecil dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas VI semester II SD Negeri 3 Kawan, Bangli.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Rees Jati Prakasa
Date Deposited: 26 Dec 2020 01:43
Last Modified: 26 Dec 2020 01:43
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1424

Actions (login required)

View Item View Item