Pengembangan Modul Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Guru Matematika di SMA/SMK

Suarta, I Made and Widana, I Wayan and Citrawan, I Wayan Pengembangan Modul Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Guru Matematika di SMA/SMK. Laporan Hibah Penelitian.

[img]
Preview
Text
LaporanKemajuan Dr Drs I MADE SUARTA S.H.-1.pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu universal berguna bagi kehidupan manusia dan mendasari perkembangan teknologi modern, serta mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Matematika melatih kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, inovatif dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Salah satu tujuan penyempurnaan kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah agar bangsa Indonesia memiliki daya saing tinggi dalam pergaulan masyarakat internasional. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka para siswa hendaknya dibekali dengan sejumlah kompetensi yang dibutuhkan pada abad ke-21 yaitu: creativity, critical thinking, communication, dan collaboration. Kompetensi tersebut dapat dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran dan penilaian di sekolah. Dalam bidang penilaian diperlukan model penilaian yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/HOTS). Kenyataannya, pemahaman, motivasi, dan kreativitas para guru matematika di SMA/SMK mengembangkan asesmen HOTS masih rendah. Secara luas berdampak pada keresahan di kalangan siswa SMA/SMK, ketika asesmen HOTS muncul dalam UN SMA/SMK Tahun Pelajaran 2017/2018. Soal-soal HOTS matematika dirasakan sulit, karena guru belum memberikan pengalaman yang cukup kepada siswa untuk latihan mengerjakan soal-soal HOTS. Di sisi lain, literatur untuk menyusun asesmen HOTS sangat terbatas. Literatur yang ada belum bisa memenuhi kebutuhan guru untuk mengembangkan asesmen HOTS secara mandiri, karena isi yang terkandung di dalamnya bersifat umum dan belum memuat petunjuk operasional dan contoh-contoh yang komprehensif. Tujuan penelitian ini adalah tersusunnya Modul Pengembangan Asesmen HOTS untuk Guru Matematika di SMA/SMK. Metode penelitian yang digunakan diadaptasi dari metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) Borg and Gall. tahun ke-1, penelitian diawali dengan melakukan penelitian survei untuk menginventarisasi permasalahan dan kebutuhan (need assessment) guru matematika SMA/SMK dalam engembangkan asesmen HOTS. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif sebagai bahan untuk menyusun draf modul. Tahun ke-2, melakukan validasi dan finalisasi draf modul melalui kegiatan focus group discussion (FGD) yang melibatkan para pakar. Berdasarkan masukan dan saran dari para pakar, dilakukan revisi-revisi untuk menyempurnakan draf modul. Draf modul yang sudah direvisi selanjutnya diujicobakan secara terbatas, untuk mendapatkan informasi dan masukan dari para pengguna modul apakah modul tersebut dirasakan dapat membantu guru untuk mengembangkan asesmen HOTS secara mandiri. Masukan dan saran dari hasil uji coba secara terbatas tersebut digunakan untuk melakukan revisi kedua terhadap draf modul. Selanjutnya draf modul yang sudah direvisi tahap kedua diujicobakan pada lingkup yang lebih luas, dengan tetap mengevaluasi kekurangan atau hambatan yang muncul pada saat penggunaan modul. Apabila dalam evaluasi tersebut masih dijumpaikekurangan atau hambatan, maka dilakukan revisi draf modul tahap ketiga. Sebaliknya, apabila draf modul tersebut telah sesuai kebutuhan guru, maka dilanjutkan dengan kegiatan finalisasi modul. Luaran yang ditargetkan: (a) tahun ke-1, tersusunnya draf modul Pengembangan asesmen HOTS untuk Guru Matematika di SMA/SMK dan artikel ilmiah; (b)tahun ke-2, dihasilkan produk berupa Modul Pengembangan asesmen HOTS untuk Guru Matematika di SMA/SMK, HKI, dan artikel ilmiah. TKT: 4-6 (pengumpulan data, validasi pada lingkungan simulasi atau contoh/kegiatan litbang; kelengkapan dan analisis data pada lingkungan simulasi/kegiatan litbang; hasil litbang penting dan signifikan untuk pendukung keputusan dan kebijakan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LPA - Lembaga Pengembangan Akademik
Depositing User: I Made Suarta
Date Deposited: 17 Oct 2020 00:07
Last Modified: 17 Oct 2020 00:07
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1333

Actions (login required)

View Item View Item