Agung Diansih Fortuna, I Komang (0002) REALISASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI 4 TAMANBALI. Widyadari. pp. 139-146. ISSN 2613-9308
Text
14I Komang Agung Diansih Fortuna.doc - Other Download (863kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Tamanbali di Kelas V yang prestasi belajarnya masih rendah. Rendahnya prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V semester I SD Negeri 4 Tamanbali yang baru mencapai rata-rata 56,32 sedangkan kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran ini yaitu 70,00 yang menunjukkan bahwa peserta didik yang diteliti kemampuannya masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia. Pada Siswa Kelas V Semester I SD Negeri 4 Tamanbali Tahun Pelajaran 2019/2020 setelah implementasi model Contextual Teaching And Learning dalam pembelajaran. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 56,32 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 72,32 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 77,58. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah implementasi model Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan Prestasi belajar bahasa Indoneisa pada siswa kelas V semester I SD Negeri 4 Tamanbali tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Model Contextual Teaching And Learning, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 01:29 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 01:29 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1259 |
Actions (login required)
View Item |