Penerapan model pembelajaran induktif berbasis pendekatan analogi untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia dalam menulis teks ekposisi

Harta, I Wayan (2020) Penerapan model pembelajaran induktif berbasis pendekatan analogi untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia dalam menulis teks ekposisi. Indonesian Journal of Educational Development, 1 (1). pp. 122-130. ISSN 2722-1059

[img]
Preview
Text
13. I Wayan Harta_Prod 122-130.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (87kB) | Preview
Official URL: https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/ijed/arti...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah penerapan model induktif dengan pendekatan analogi dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia dalam Menulis Teks Ekposisi Peserta Didik Kelas X Paket Keahlian Perhotelan SMK Negeri 1 Tampaksiring Tahun Pelajaran 2017/2018; (2) mengetahui respons peserta didik Kelas X Paket Keahlian Perhotelan SMK Negeri 1 Tampaksiring terhadap Penerapan Model Pembelajaran Induktif dengan Pendekatan Analogi pada Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Menulis Teks Ekposisi Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek Penelitian ini adalah peserta didik kelas X Paket Keahlian Perhotelan dengan jumlah 32 orang. Data prestasi belajar diperoleh dengan cara memberikan tes dan hasil observasi belajar, sedangkan data respons peserta didik diperoleh dengan cara memberikan angket/kuesioner. Data hasil penelitian di analisis dengan metode statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data prestasi belajar ditemukan bahwa: (1) terdapat peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas X Paket Keahlian Perhotelan SMK Negeri 1 Tampaksiring yaitu pada siklus I jumlah peserta didik mencapai kompetensi adalah 81,25% dengan daya serap 76,40% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 93,75% dengan daya serap 78,37%. (2) terdapat respons positif pada peserta didik kelas X Paket Keahlian Perhotelan SMK Negeri 1 Tampaksiring terhadap implementasi model pembelajaran induktif dengan pendekatan analogi pada proses pembelajaran. Pada siklus ke II ini sudah mencapai ketuntasan klasikal >85% sehingga penelitian ini dihentikan. Hasil analisis data observasi dan nilai tes belajar peserta didik menunjukkan hasil yang baik dan respons peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran induktif menunjukan hasil yang positif, karena berkisar pada skala 85-94. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran induktif dengan pendekatan analogi dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X Paket Keahlian Perhotelan SMK Negeri 1 Tampaksiring, Gianyar tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: inductive learning model, analogy approach, learning achievement
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: LPA - Lembaga Pengembangan Akademik
Depositing User: Rees Jati Prakasa
Date Deposited: 07 Jun 2020 21:14
Last Modified: 07 Jun 2020 21:14
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1163

Actions (login required)

View Item View Item