Raharjo, Toto (2020) Efektivitas pendampingan implementasi kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran. Indonesian Journal of Educational Development, 1 (1). pp. 93-103. ISSN 2722-1059
|
Text
10. Toto Raharjo_Prod 93-103.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (92kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan kegiatan pendampingan implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan disain penelitian mixed methods, dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif dan menggunakan metode (penelitian) evaluasi. Teknik pengumpulan data melalui angket, pengamatan dan wawancara. Pengamatan dilakukan terhadap dokumen hasil pendampingan berupa hasil telaah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan hasil observasi kelas. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif, sementara analisis data kualitatif ini ada tiga kegiatan pokok,yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, berdasarkan analisis hasil penelitian pada tingkat reaksi, tingkat learning, dan tingkat aplikasi menyatakan bahwa kegiatan pendampingan implementasi kurikulum 2013 efektif dalam meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran. Kedua, terjadi peningkatan sebesar 4,8% hasil telaah RPP dan 12,77% hasil observasi pembelajaran setelah guru mengikuti kegiatan pendampingan. Ketiga, kelemahan kegiatan pendampingan implementasi kurikulum 2013 disebabkan faktor pelaksanaan yang tidak sepenuhnya mengikuti petunjuk teknis, kemampuan guru pendamping dan proses perekrutan, komitmen guru sasaran, waktu pendampingan yang terlalu singkat, dan sarana pra sarana yang dianggap kurang memadai.Kekuatan kegiatan pendampingan, antara lain: dinilai baik, membantu guru, bermanfaat dan perlu diteruskan. Selain itu kegiatan ini dirasakan dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, wawasan dan pengalaman bagi guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan implementasi kurikulum 2013 efektif dalam meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | effectiveness, curriculum implementation, teacher ability |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LPA - Lembaga Pengembangan Akademik |
Depositing User: | Rees Jati Prakasa |
Date Deposited: | 07 Jun 2020 21:03 |
Last Modified: | 07 Jun 2020 21:03 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1160 |
Actions (login required)
View Item |