Andayani, Ni Komang (2020) Upaya meningkatkan aktivitas dan penguasaan huruf hiragana melalui team games tournament (TGT) berbasis kartu read and punishment. Indonesian Journal of Educational Development, 1 (1). pp. 52-60. ISSN 2722-1059
|
Text
5. Ni Komang Andayani_Prod 52-60.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (196kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan huruf hiragana siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbasis kartu Read and Punishment. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 8 Januari sampai dengan tanggal 26 Maret 2019. Subjek penelitian terdiri atas 32 orang siswa kelas X jurusan bahasa semester II SMA Negeri 1 Kuta Selatan tahun pelajaran 2018/2019 dan objek penelitian meliputi aktivitas dan penguasaan huruf hiragana siswa. Data dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif yang diperolah dari nilai rata-rata hasil tes baik klasikal maupun individual dan menganalisis aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan penguasaan huruf hiragana siswa. Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran terjadi peningkatan sebesar 18,75% dari siklus I dan peningkatan penguasaan huruf hiragana siswa sebesar 12,5% dari siklus I.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning activity, mastery of hiragana letters, Team Games Tournament |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | LPA - Lembaga Pengembangan Akademik |
Depositing User: | Rees Jati Prakasa |
Date Deposited: | 07 Jun 2020 20:48 |
Last Modified: | 07 Jun 2020 20:48 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1157 |
Actions (login required)
View Item |