Upaya meningkatkan aktivitas dan penguasaan huruf hiragana melalui team games tournament (TGT) berbasis kartu read and punishment

Andayani, Ni Komang (2020) Upaya meningkatkan aktivitas dan penguasaan huruf hiragana melalui team games tournament (TGT) berbasis kartu read and punishment. Indonesian Journal of Educational Development, 1 (1). pp. 52-60. ISSN 2722-1059

[img]
Preview
Text
5. Ni Komang Andayani_Prod 52-60.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (196kB) | Preview
Official URL: https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/ijed/arti...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan huruf hiragana siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbasis kartu Read and Punishment. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 8 Januari sampai dengan tanggal 26 Maret 2019. Subjek penelitian terdiri atas 32 orang siswa kelas X jurusan bahasa semester II SMA Negeri 1 Kuta Selatan tahun pelajaran 2018/2019 dan objek penelitian meliputi aktivitas dan penguasaan huruf hiragana siswa. Data dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif yang diperolah dari nilai rata-rata hasil tes baik klasikal maupun individual dan menganalisis aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan penguasaan huruf hiragana siswa. Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran terjadi peningkatan sebesar 18,75% dari siklus I dan peningkatan penguasaan huruf hiragana siswa sebesar 12,5% dari siklus I.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: learning activity, mastery of hiragana letters, Team Games Tournament
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: LPA - Lembaga Pengembangan Akademik
Depositing User: Rees Jati Prakasa
Date Deposited: 07 Jun 2020 20:48
Last Modified: 07 Jun 2020 20:48
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item View Item