Hariwirawan, I Ketut (2020) Kontribusi pendidikan dan pelatihan terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran. Indonesian Journal of Educational Development, 1 (1). pp. 45-51. ISSN 2722-1059
|
Text
4. I Ketut Hariwirawan_Prod 45-51.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (89kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pendidikan dan pelatihan, terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran pada guru-guru SMA di Kecamatan Tabanan secara terpisah maupun simultan. Penelitian ini adalah penelitian ex post pacto dengan populasi semua guru SMA di Kecamatan Tabanan berjumlah 294 orang, sampel yang digunakan 90 orang dengan teknik proportional random sampling melalui undian. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana, regresi ganda, korelasi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat kontribusi yang signifikan pendidikan dan pelatihan terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran dengan kontribusi sebesar 49,90% dan sumbangan efektif sebesar 24,95%. Dari hasil penelitian dan didukung oleh hasil penelitian sebelumnya serta pendapat dari ahli maka dapat disimpulkan pendidikan dan pelatihan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran pada guru sehingga bagi pengambil kebijakan khususnya kepala sekolah untuk memotivasi guru agar mengikuti pendidikan dan pelatihan secara periodik guna meningkatkan kualitas pendidikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | education and training, learning management |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LPA - Lembaga Pengembangan Akademik |
Depositing User: | Rees Jati Prakasa |
Date Deposited: | 07 Jun 2020 13:15 |
Last Modified: | 07 Jun 2020 13:15 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1156 |
Actions (login required)
View Item |