Nurga, Sang Made (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 1 TAMPAKSIRING SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 27 (27). pp. 1-11. ISSN 1907-3232
|
Text
SANG MADE NUGRA.pdf Download (508kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tampaksiring di Kelas IX B yang kemampuan siswanya untuk pelajaran matematika cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas IX B adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 65,29, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 72,35 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 78,38. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Tampaksiring. Kata kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 08 May 2020 02:22 |
Last Modified: | 08 May 2020 02:22 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1048 |
Actions (login required)
View Item |