PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN METODE DRILL GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX E SEMESTER I SMP NEGERI 1 TAMPAKSIRING TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sutarsih, Ni Wayan (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN METODE DRILL GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX E SEMESTER I SMP NEGERI 1 TAMPAKSIRING TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 27 (27). pp. 1-13. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
NI WAYAN SUTARSIH.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Tampaksiring pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 melalui penggunaan model pembelajaran Direct Instruction dengan metode drill dalam proses pembelajaran. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini penggambaran secara lengkap dapat dijabarkan sebagai berikut: hasil yang diperoleh pada awalnya 68,93 dengan ketuntasn belajar hanya mencapai 36,36%, pada siklus I meningkat menjadi 74,54 dengan ketuntasan belajar mencapai 72,72% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,51 dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa prestasi belajar Matematika siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Tampaksiring pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction dengan metode drill. Kata kunci: Model Pembelajaran Direct Instruction, Metode Drill, Prestasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 08 May 2020 02:17
Last Modified: 08 May 2020 02:17
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1047

Actions (login required)

View Item View Item