PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII D SEMESTER I SMP NEGERI 1 TAMPAKSIRING TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Kasning, Ni Wayan (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII D SEMESTER I SMP NEGERI 1 TAMPAKSIRING TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 27 (27). pp. 1-16. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
NI WAYAN KASNING.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tampaksiring di kelas VIII D yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Matematika masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Tampaksiring pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Open Ended Learning dengan media audio visual. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Dengan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya hanya mencapai rata-rata 68,59 dan ketuntasan belajar 28,12%, pada siklus I meningkat menjadi 73,90 dengan ketuntasan belajar 75,00% dan pada Siklus II meningkat menjadi 80,93 dengan ketuntasan belajar mencapai 93,75%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Open Ended Learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Tampaksiring pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Model Pembelajaran Open Ended Learning, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 08 May 2020 02:14
Last Modified: 08 May 2020 02:14
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1046

Actions (login required)

View Item View Item