Sujani, Ni Nyoman PENERAPAN MODEL PEMBELAJRAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII C SEMESTER II SMP NEGERI 1 TAMPAKSIRING TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 27 (27). pp. 1-14. ISSN 1907-3232
|
Text
NI NYOMAN SUJANI.pdf Download (649kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tampaksiring tahun pelajaran 2018/2019 semester II dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Tampaksiring melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan media audio visual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Tampaksiring yang berjumlah 32 orang dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Data tentang prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes dengan instrumanya yaitu berupa tes prestasi belajar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Tampaksiring pada semester II tahun pelajaran 2018/2019. Skor rata-rata prestasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kelas prestasi belajar pada awal pembelajaran hanya mencapai 68,59, siklus I meningkat menjadi 74,84 pada siklus II menjadi 81,09. Ketuntasan klaksikal awal hanya mencapai 31,25%, pada siklus I meningkat menjadi 65,25% dan pada siklus II menjadi 96,87%. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Media Audio Visual, Prestasi Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 08 May 2020 01:58 |
Last Modified: | 08 May 2020 01:58 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1043 |
Actions (login required)
View Item |