Budiani, Ni Made (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DENGAN METODE STUDY KASUS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII B SEMESTER I SMP NEGERI 1 TAMPAKSIRING TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 27 (27). pp. 1-16. ISSN 1907-3232
|
Text
NI MADE BUDIANI.pdf Download (615kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tampaksiring di kelas VIII B yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran IPA masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Tampaksiring pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Partisipatif dengan metode Study Kasus dalam proses pembelajaran. Metode pengumpulan datanya adalah menggunakan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Partisipatif dengan metode Study Kasus dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 68,59 pada siklus I menjadi 74,84 dan pada siklus II menjadi 82,03. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan yag sangat signifikan. pada awal pertemuaan ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 34,37%, pada siklus I meningkat menjadi 71,87%, dan pada siklus II peningkatannya sangat signifikan yaitu mencapai 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Partisipatif dengan metode Study Kasus dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Tampaksiring pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Model Pembelajaran Partisipatif, Metode Study Kasus, Prestasi Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 08 May 2020 01:46 |
Last Modified: | 08 May 2020 01:46 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1040 |
Actions (login required)
View Item |