MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 3 LODTUNDUH SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Artini, Ni Luh (2020) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 3 LODTUNDUH SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Widyadari, 27 (27). pp. 1-13. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
NI LUH ARTINI.pdf

Download (618kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Lodtunduh di kelas I yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran PKN masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Problem Solving. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Problem Solving. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 64,16 pada siklus I meningkat menjadi 67,91 dan pada Siklus II meningkat menjadi 76,87. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran Problem Solving. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Solving, Prestasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 08 May 2020 01:42
Last Modified: 08 May 2020 01:42
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1039

Actions (login required)

View Item View Item