Suarma, I Wayan (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) SEBAGAI UPAYAMENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA POKOK BAHASAN BESARAN DANSATUAN SISWA KELAS X IIS 2 SMA NEGERI I PUPUAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 27 (27). pp. 1-7. ISSN 1907-3232
|
Text
I WAYAN SUARMA.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran group investigation (GI) dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (clasroom action research).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri I Pupuan pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlaj 21 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran dengan tahapan tahapan dalam tiap siklus mengikuti langkah pembelajaran Group investigation.Data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui kegiatan evaluasi(kuis), tugas dan tes hasil belajar pada tiap akhir siklus. Data yang telah terkumpulselanjutnya dianalisis secara deskriftif. Hasil analisis data setelah model pembelajaran group investigation diimplementasikanadalah rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 74,51 dengan ketuntasan klasikal 86%. Rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus II sebesar 81,47 dengan ketuntasan klasikal 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri I Pupuan pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Model Pembelajaran group investigation, Prestasi Belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 08 May 2020 01:27 |
Last Modified: | 08 May 2020 01:27 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1035 |
Actions (login required)
View Item |