PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS VIII A SEMESTER II SMP NEGERI 1 TAMPAKSIRING TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Suardana, I Wayan (2020) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS VIII A SEMESTER II SMP NEGERI 1 TAMPAKSIRING TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 27 (27). pp. 1-19. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
I WAYAN SUARDANA.pdf

Download (613kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tampaksiring di kelas VIII A yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Seni Rupa masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Seni Rupa siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Tampaksiring pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Intruction dengan metode latihan terbimbing dalam proses pembelajaran. Metode pengumpulan datanya adalah menggunakan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Intruction dengan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 64,84 pada siklus I menjadi 73,75 dan pada siklus II menjadi 80,78. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan yag sangat signifikan. pada awal pertemuaan ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 25,00%, pada siklus I meningkat menjadi 62,50%, dan pada siklus II peningkatannya sangat signifikan yaitu mencapai 93,75%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Problem Based Intruction dengan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar Seni Rupa siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Tampaksiring pada semester II tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: model pembelajaran Problem Based Intruction, Metode Latihan Terbimbing, Prestasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 08 May 2020 01:24
Last Modified: 08 May 2020 01:24
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1034

Actions (login required)

View Item View Item