PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION (T A I) DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK SISWA KELAS VIII J SEMESTER I SMP NEGERI 1 TAMPAKSIRING TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Japa, I Nyoman (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION (T A I) DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK SISWA KELAS VIII J SEMESTER I SMP NEGERI 1 TAMPAKSIRING TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 27 (27). pp. 1-16. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
I NYOMAN JAPA.pdf

Download (611kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tampaksiring di kelas VIII J yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Seni musik masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Seni musik siswa kelas VIII J SMP Negeri 1 Tampaksiring pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (T A I) dengan metode latihan terbimbing dalam proses pembelajaran. Metode pengumpulan datanya adalah menggunakan tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (T A I) dengan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 69,06 pada siklus I menjadi 74,37 dan pada siklus II menjadi 80,93. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan yag sangat signifikan. pada awal pertemuaan ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 40,62%, pada siklus I meningkat menjadi 62,50%, dan pada siklus II peningkatannya sangat signifikan yaitu mencapai 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (T A I) dengan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar Seni musik siswa kelas VIII J SMP Negeri 1 Tampaksiring pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (T A I), Metode Latihan Terbimbing, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 08 May 2020 01:15
Last Modified: 08 May 2020 01:15
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1031

Actions (login required)

View Item View Item