Roti, Desak Made (2020) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PELAKSANAAN METODE KARYA WISATA DENGAN BERMAIN SAMBIL BELAJAR DAN METODE BERCERITA SISWA KELAS I SEMESTER II SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BATUBULAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widyadari, 27 (27). pp. 1-9. ISSN 1907-3232
|
Text
DESAK MADE ROTI.pdf Download (448kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Batubulan di Kelas I Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran IPA masih rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui metode karya wisata dengan belajar sambil bermain dan metode bercerita siswa kelas I semester II SD Negeri 1 Batubulan tahun pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan metode karya wisata dengan belajar sambil bermain dan metode bercerita dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 65,65 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 69,56 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 78,04. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan metode karya wisata dengan belajar sambil bermain dan metode bercerita dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci: Metode Karya Wisata dan Metode Bercerita, Prestasi Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
Depositing User: | LPPM IKIP PGRI bali |
Date Deposited: | 06 May 2020 03:02 |
Last Modified: | 06 May 2020 03:02 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1022 |
Actions (login required)
View Item |