PENGUNAAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V A SEMESTER I SD NEGERI 7 DAUH PURI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ayu Setiawati, Anak Agung (2020) PENGUNAAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V A SEMESTER I SD NEGERI 7 DAUH PURI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 27 (27). pp. 1-9. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
ANAK AGUNG AYU SETIAWATI.pdf

Download (777kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan refleksi awal hampir seluruh peserta didik menganggap bahwa proses belajar Bahasa Indonesia adalah proses mendengar, berbicara, membaca serta menulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai dengan sumber belajar yang ditentukan. Pandangan inilah kemudian mendorong peserta didik untuk menempatkan pelajaran Bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Sehingga beberapa siswa di kelas V A semester I SD Negeri 7 Dauh Puri mengalami permasalahan pada nilai belajar Bahasa Indonesia. Melihat data yang diperoleh rendahnya prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V A semester I SD Negeri 7 Dauh Puri yang baru mencapai rata-rata 70,25 menunjukkan bahwa peserta didik yang diteliti kemampuannya masih sangat rendah. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V A semester I SD Negeri 7 Dauh Puri tahun pelajaran 2017/2018 setelah melalui usaha maksimal model Contextual Teaching And Learning. Setelah data dikumpulkan menggunakan alat berupa tes prestasi belajar Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Pemerolehan hasil penelitian siswa dari rata-rata awal 70,25 naik menjadi 72,75 pada siklus I dan naik menjadi 77,13 pada siklus II. Hasil pada siklus II sudah sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian oleh karenanya penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan perolehan data tersebut dapat dipastikan bahwa simpulan pada penelitian ini adalah dengan usaha maksimal model Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V A semester I SD Negeri 7 Dauh Puri Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Prestasi Belajar Bahasa Indonesia, Model Contextual Teaching And Learning

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 06 May 2020 02:59
Last Modified: 06 May 2020 02:59
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item View Item