PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS INDIVIDUAL DALAM KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NEGERI 6 BATUBULAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sri Purnawati, Anak Agung (2020) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS INDIVIDUAL DALAM KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NEGERI 6 BATUBULAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Widyadari, 27 (27). pp. 1-18. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
A. A SRI PURNAWATI.pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini pada siswa kelas IV diSD Negeri 6 Batubulan pada semester II tahun pelajaran2017/2018 adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas IV semester II di SD Negeri 6 Batubulan melalui penerapan model Make A Match dengan metode pemberian tugas individual dalam kerja kelompok. Secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan akan bermanfaat sebagai acuan dalam memperkaya teori dalam rangka peningkatan kompetensi guru. Sedangkan secara praktis penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi sekolah, Penelitian tindakan kelas ini melibatkan siswa kelas IV subyek penelitan yang dilakukan dalam 2 siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, Observasi/ pengamatan dan refleksi.Model Make A Match dengan metode pemberian tugas individual dalam kerja kelompok dalam kajian ini adalah menekankan pada pembelajaran yang bisa dipergunakan oleh guru dalam praktek pembelajaran secara aktual di lapangan. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 68,50 meningkat menjadi 74,75 dan meningkat menjadi 81,00 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 35,00% pada siklus I meningkat menjadi 60,00% dan pada siklus II menjadi 100%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan model pembelajaran Make A Match dengan metode pemberian tugas individual dalam kerja kelompok dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas IV semester II SD Negeri 6 Batubulan tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Make A Match, Metode pemberian tugas individual dalam kerja kelompok, Prestasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: LP3M - Lembaga Pengembangan Pembelajaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: LPPM IKIP PGRI bali
Date Deposited: 06 May 2020 02:54
Last Modified: 06 May 2020 02:54
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1020

Actions (login required)

View Item View Item