Peer Review "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK" SMK PGRI 3 BADUNG

Eka Indrawan, I Putu (2020) Peer Review "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK" SMK PGRI 3 BADUNG. FPMIPA IKIP PGRI BALI.

This is the latest version of this item.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMK PGRI 3 BADUNG.pdf

Download (170kB)
Official URL: https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/emasains/...

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Probing Prompting terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika peserta didik SMK PGRI 3 Badung dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Non Equivalent Posttest Only Control Group Design; melibatkan sampel sebanyak 84 peserta didik yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang dipilah menjadi dua tingkatan faktor, yaitu model Probing Prompting yang dikenakan pada kelompok eksperimen dan model pembelajaran konvensional yang dikenakan pada kelompok kontrol. Sebagai variabel terikat dalam penelitian ini berupa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika yang digunakan dalam pengumpulan data. Analisis data menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar matematika peserta didik, 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Probing Prompting secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika peserta didik. Simpulan yang diperoleh dari penelitan ini adalah bahwa model Probing Prompting dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika peserta didik. Kata Kunci: Model Probing Prompting, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: I Putu Eka Indrawan
Date Deposited: 14 Sep 2021 11:42
Last Modified: 14 Sep 2021 11:42
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1521

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item