PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA MELALUI ANALISIS SATUA (Dongeng Rakyat Bali)

Suwija, I Nyoman and Darmada, I Made and Mulyawan, I Nyoman Rajeg (2020) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA MELALUI ANALISIS SATUA (Dongeng Rakyat Bali). Pelawa Sari, Denpasar, Indonesia. ISBN 978-602-8409-87-2

[img]
Preview
Text
Buku Nilai Pendidikan Karakter (Pdf).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bagi masyarakat Bali, satua-satua atau dongeng rakyat sudah dirasakan dan diakui berperan cukup penting dalam menuntun anak- anak ke arah perilaku dan pribadi yang luhur. Dengan cara masatua atau mendongeng para leluhur rakyat Bali menyisipkan pesan-pesan pendidikan etika-moral yang sekarang disebut pendidikan karakter. Dengan demikian, salah satu fungsi penting tradisi masatua atau mendongeng adalah edutainment yaitu untuk mendidik anak- anak melalui kandungan tata nilai yang tersirat di dalam setiap satua (dongeng) yang diceritakan. Perilaku baik atau buruk, perilaku santun atau jahat, perilaku luhur atau sombong para tokoh-tokoh cerita akan menjadi konsumsi yang positif bagi anak-anak yang menyimak satua- satua (dongeng rakyat) Bali tersebut. Hampir setiap satua Bali berakhir dengan kemenangan tokoh yang baik dan kekalahan tokoh jahat. Dengan demikian tema yang diusungnya rata-rata ajaran hukum karma phala yaitu hasil perbuatan. Yang baik akan mencapai kebahagiaan dan yang jahat akan menuai kesengsaraan. Hal ini sudah sejak lama dipahami dan diakui sebagai media yang baik untuk memperkokoh jati diri sehingga pada setiap kegiatan lomba Nyastra Bali pasti disertakan lomba mendongeng atau Lomba Masatua Bali.

Item Type: Book
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah
Depositing User: Rees Jati Prakasa
Date Deposited: 12 Oct 2020 12:43
Last Modified: 12 Oct 2020 12:43
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1329

Actions (login required)

View Item View Item