Parwati, Ni Putu Yuniarika (2017) Analisis Pelaksanaan Permendiknas No. 16 Tahun 2007 Tentang Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru Di Smk Ti Bali Global Denpasar Ditinjau Dari Cipp. Widyadari, XVII (21). ISSN 1907-3232
|
Text
JURNAL RIKA widyadari april 2017.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan, salah satu kunci keberhasilan adalah mempersiapkan dan menciptakan guru-guru yang profesional, memiliki kekuatan dan tanggung jawab untuk melaksanakan pembelajaran dalam upaya pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di bidang pendidikan. Untuk mendukung hal tersebut terlebih dahulu menentukan standar yang harus menjadi acuan pelaksanaan kegiatan pendidikan, maka untuk itu pemerintah mengeluarkan Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi guru dan kompetensi guru. Dalam penelitian ini penulis mencoba untuk mengevaluasi standar kualifikasi dan kompetensi guru di SMK TI Bali Global Denpasar. Teknik evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model CIPP. Teori yang digunakan adalah evaluasi program, Model evaluasi CIPP yang dikemukakan oleh Stufflebeam & Shinkfield. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif yeng berorientasi pada analisis berdasarkan pendekatan evaluasi program yang berorientasi pada menajemen yaitu suatu gambaran yang menunjukan prosedur dan proses pelaksanaan program. Selain itu, dalam penelitian ini dianalisis efektivitas program dengan menganalisis variabel-variabel dalam model CIPP (context, input process, and product) yang dikonfirmasi dengan target sasaran yang merupakan ukuran efektivitas program. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru di SMK TI Bali Global Denpasar yang berjumlah 90 orang. Untuk menentukan efektivitas pelaksanaan program di SMK TI Bali Global Denpasar, skor mentah ditransformasikan ke dalam T-skor kemudian diverifikasi ke dalam prototype Glickman. Dari pembahasan hasil penelitian dan simpulan, bahwa pelaksanaan Permendiknas No. 16 Tahun 2007 Tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru di SMK TI Bali Global Denpasar akan efektif jika berfungsinya secara efektif konteks, input, proses dan produk. Dengan demikian temuan studi evaluatif ini dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pemerintah Kota Denpasar. Oleh karena itu, agar pelaksanaan program pendidikan efektif, variabel konteks, input, proses dan produk harus diperhatikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CIPP, Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Ni Putu Yuniarika Parwati |
Date Deposited: | 22 Nov 2019 02:50 |
Last Modified: | 22 Nov 2019 02:50 |
URI: | http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/491 |
Actions (login required)
View Item |