PENGARUH MINAT PROFESI KEPENDIDIKAN DAN SIKAP KEGURUAN TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL IKIP PGRI BALI

Parwati, Ni Putu Yuniarika (2016) PENGARUH MINAT PROFESI KEPENDIDIKAN DAN SIKAP KEGURUAN TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL IKIP PGRI BALI. Widyadari, 20 (XVI). pp. 451-463. ISSN 1907-3232

[img]
Preview
Text
JURNAL profesi Widyadari oktober 2016.pdf

Download (124kB) | Preview
Official URL: http://ikippgribali.ac.id/jurnal-widyadari-no-20-t...

Abstract

Pendidikan sangat penting dalam rangka menciptakan kader-kader muda sebagai generasi penerus bangsa. Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, dan atau latihan bagi peranannya di masyarakat yang akan datang. Seiring dengan adanya perkembangan kebudayaan manusia, timbullah tuntutan pendidikan yang terselenggara lebih baik, lebih teratur, dan didasarkan atas pemikiran yang matang untuk peningkatan kualitas pendidikan. Dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan, salah satu kunci keberhasilan adalah mempersiapkan dan menciptakan guru-guru yang profesional, memiliki kekuatan dan tanggung jawab untuk melaksanakan pembelajaran dalam upaya pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di bidang pendidikan. Selain menumbuhkan minat profesi kependidikan, peningkatan kesiapan mengajar juga harus didukung dengan pembentukan sikap keguruan. Sikap keguruan merupakan pengetahuan dan perilaku mahasiswa calon guru yang mencerminkan kepribadian guru profesional. Mahasiswa pendidikan sejarah sebagai calon guru masih terlihat kurang kesiapan mental dalam melaksanakan program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) masalah tersebut menyebabkan mahasiswa Pendidikan sejarah tidak mampu mengaktualisasikan diri dan mengembangkan potensi ketrampilan mengajar sehingga kepercayaan dirinya tidak muncul kemudian timbul rasa malu dan minder pada saat PPL I dan PPL II. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori minat, profesi kependidikan, sikap keguruan dan kesiapan mengajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik pengumpulan data melalui angket digunakan untuk mengungkapkan data Minat Profesi Guru, Sikap Keguruan terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa sebagai responden dalam penelitian ini. Teknis yang dilakukan adalah dengan membagikan angket 35 kepadaresponden penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah angkatan 2013. Observasi digunakan untuk mengamati sikap keguruan yang ditunjukkan mahasiswa Pendidikan Sejarah angkatan 2013 yang telah melaksanakan mata kuliah PPL I dan PPL II serta telah terjun langsung ke lapangan (sekolah).Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi yaitu untuk mengungkapkan data tentang jumlah mahasiswa Program Studi Pendidikaan Sejarah angkatan 2013. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh positif antara Minat Profesi Kependidikan terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah Angkatan 2013, yang ditunjukkan dengan nilai sebesar 6,679 pada taraf signifikansi 5% ( > yaitu 6,679 > 1,988. Sedangkan koefisien korelasi sebesar 0,592 dan koefisien determinasi sebesar 35,2%, (2) terdapat pengaruh positif antara Sikap Keguruan terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah Angkatan 2013, yang ditunjukkan dengan nilai sebesar 6,496 pada taraf signifikansi 5% ( > yaitu 6,49 > 1,988. Sedangkan koefisien korelasi sebesar 0,579 dan koefisien determinasi sebesar 39.8%, dan (3) terdapat pengaruh positif antara Minat Profesi Kependidikan dan Sikap Keguruan terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah Angkatan 2013, yang ditunjukkan dengan nilai sebesar 35,260 pada taraf signifikansi 5% ( yaitu 35,260 > 3,10. Koefisien korelasi sebesar 0,692, koefisien determinasi sebesar 45%. Besarnya sumbangan efektif (SE) dari kedua variabel dalam penelitian ini sebesar 51.8%. Variabel Minat Profesi Kependidikan sebesar 25,5% dan Sikap Keguruan sebesar 26,3%, sedangkan sisanya 48,2% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Minat Profesi, Sikap Keguruan, Kesiapan Mengajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Sejarah
Depositing User: Ni Putu Yuniarika Parwati
Date Deposited: 08 Nov 2019 02:43
Last Modified: 08 Nov 2019 02:43
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item View Item