Pengembangan Buku Ajar Metode Numerik Berbasis Pembelajaran Kolaboratif

Purwati, NKR and Erawati, Ni Ketut (2021) Pengembangan Buku Ajar Metode Numerik Berbasis Pembelajaran Kolaboratif. Mosharafa, 10 (1). pp. 37-48. ISSN 2527-8827

[img]
Preview
Text
artikel mosharafa.pdf

Download (630kB) | Preview
Official URL: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php...

Abstract

Buku ajar metode numerik haruslah memuat gambaran lengkap materi dan lebih menekankan pada implementasi metode, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan interaktif. Penerapan pembelajaran kolaboratif yang diintegrasikan melalui buku ajar metode numerik akan menciptakan suasana pembelajaran yang mendorong mahasiswa untuk saling berinteraksi, bekerjasama, berbagi peran, tugas, dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas atau masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ajar metode numerik berbasis pembelajaran kolaboratif yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Model Plomp yang terdiri dari tiga fase, yakni fase penelitian awal, fase membuat prototipe, dan fase penilaian dimana pada fase ini dilakukan uji validitas berdasarkan lembar validasi, kepraktisan berdasarkan angket respon dan keefektifan berdasarkan lembar observasi dan tes. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika IKIP PGRI Bali. Hasil yang diperoleh adalah buku yang dikembangkan layak digunakan, kepraktisan tergolong baik dan buku ajar metode numerik efektif digunakan dalam perkuliahan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ni Ketut Erawati
Date Deposited: 23 Jan 2022 11:13
Last Modified: 23 Jan 2022 11:13
URI: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1656

Actions (login required)

View Item View Item